Minggu, 04 Januari 2009

ADIL DALAM ISLAM

Diberbagai surah dalam Al qur an, Allah subhanahu wata'ala memerentahkan kita, untuk berbuat adil dan berbuat kebajikan terhadap keluarga, teman, bahkan musuh sekalipun. Di antaranya adalah:
Firman Allah azza wajalla yang artinya:

Sesungguhnya Allah menyuruh kamu berlaku adìl dan berbuat kebaikan, memberi kepada kaum kerabat dan Allah azza wajalla melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu mengambil pelajaran. (An nahl: 90)

Adil itu relatif, oleh karena itu alangkah baiknya sebelum berbicara keadilan lebih dulu kita pahami !
Apa ?
Mengapa ?
Dimana ? dan
Bagaimana ?

Setelah menemukan dan dapat menjawab empat pertanyaan diatas maka akan diketemukan apa itu adil.

Adil dalam bahasa arab, berasal dari: ADALA: YA'DILU: ADLAN: FAHUWA: ADILUN. yang berarti: Tegak, Lurus. Tegak mengandung makna, menjalankan syari'at islam dengan sungguh sungguh. Lurus berarti, sesuai dengan tuntunan Rasulullah alaisshalatu wassalam.

Dari uraian kata diatas dapat di simpulkan bahwa, Adil adalah: Menjalankan syari'at/hukum-hukum ìslam sesuai dengan tuntunan Rasulullah alaihisshalatu wassalam.

Firman Allah azza wajalla yang artinya: ...dan Allah menurunkan bersama mereka kitab dengan benar, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan..... (Al baqoro: 263) Lalu bagaimana keadilan di tengah-tengah masyarakat yang multi agama ? silahkan poskokan komentar anda!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Adil itu dalam makna awam adlah sama rata sama rasa. Adil memang sangat mudah untuk di katakan, tetapi sangat sulit untuk di laksanakan. Mengapa demikian?, karena yang menurut kita sudah adil, belum tentu adil menurut orang lain. Apa lagi sudah ada perbedaan kepentingan, sifat , sikap, ras, agama dan kelompok.