Sabtu, 08 November 2008

MENYIKAPI GONJANG-GANJING PILKADES

Pesta demokrasi sebentar lagi akan dilaksanakan di desa Alastlogo kec Lekok kab Pasuruan. Pesta demokrasi itu adalah pemilihan kepala desa secara langsung. Pemilihan kepala desa secara langsung sudah dilaksanakan orang-orang desa sejak aman dahulu. Bahkan sudah dilaksanakan oleh nenek moyang kita secara turun-temurun. Dilaksanakan sendiri oleh rakyat dan dibiayai sendiri oleh si calon. Inilah yang membedakan antara pilkades dengan pilihan-pilihan yang lain. Kalau pilkades dibiayai sendiri oleh calon, sedangkan pilihan-pilihan yang lain seperti pilleg, pilbup, pilgub dan pilpres dibiayai oleh negara.
Lalu bagaimana kita sebagai orang awam menyikapi adanya gonjang-ganjing pelaksanaan pilkades tersebut ?

PERTAMA. Bagi anda yang sudah punya pilihan, maka hendaknya pilihan tersebut disimpan rapat-rapat didalam hati yang paling dalam. Ingat, yang paling dalam, titik. Nanti pada saatnya yaitu pada saat pencoblosan, anda curahkan semua isi hati anda diatas kertas suara didalam bilik suara. Biarkan orang-orang berbicara ngalor-ngidul masalah pilkades, anda tidak perlu melibatkan diri. Kenapa ? Karena anda sudah punya pilihan dan pilihan anda tidak akan terpengaruh sekalipun diiming-imingi oleh uang. Bahkan diiming-imingi wanitapun anda tidak akan terpengaruh.

KEDUA. Bagi anda yang masih belum punya pilihan, silahkan anda mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang program yang akan dilaksanakan oleh masing-masing calon apabila kelak terpilih menjadi kepala desa. Apakah programnya memihak pada rakyat ataukah memihak pada diri sendiri dan kelompoknya. Kalau programnya memihak pada rakyat atau istilah kerennya pro rakyat, maka pertimbangkan untuk memilihnya. Selanjutnya anda perlu mencari tahu latar belakang dari si calon tersebut. Apakah si calon tersebut mengerti hukum agama, hukum pemerintah/negara, hukum adat dan lain-lain. Termasuk apakah si calon tersebut pernah berjasa pada diri anda, keluarga anda dan lingkungan anda. Apabila si calon tersebut cocok untuk anda, maka pertimbangkan untuk memilihnya.
Lalu bagaimana kalau semua calon tersebut programnya bagus dan semuanya cocok untuk anda ? Kita pasrahkan saja pada Allah SWT. Karena hanya Allah SWT yang bisa menentukan segala sesuatu. Apabila Allah SWT berkata jadi, maka jadilah ia. Gitu saja kok repot.

KETIGA. Bagi anda yang menjadi tim sukses/simpatisan atau apapun istilahnya, carilah atau ajaklah orang sebanyak-banyaknya. Ajaklah orang yang masih belum punya pilihan atau istilah kerennya massa mengambang. Anda tidak perlu mengajak orang yang sudah punya pilihan, nanti malah bisa ditertawain. Kaciaaan deh loh!

Demikian sekilas tentang menyikapi pesta demokrasi di desa Alastlogo kec Lekok kab Pasuruan. Ini adalah sikap pribadi, tidak mewakili siapapun. Kalau anda setuju, silahkan diikuti, kalau tidak setuju, silahkan dilewati. Gitu saja kok repot !

Ada komentar? Silahkan tulis komentar anda di "poskan komentar". Klik judul artikel diatas, arahkan kebawah dan klik "poskan komentar". Tulis komentar anda dan pilih Nama/URL. Kemudian publikasikan komentar anda.
Selesai.......

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Menurut q ci pilkades itu membuat ht Q gemeteran maklum c q kn cewek.lagian q blum pernh ngikutìn yg namanya pilkades.buat temen2 q pililah calon yg bisa mengangkat aspirasi rakyat kecil terutama bagi kaum perempuan kayak q gitu lho . . . . . .En jngan brtengkar coz perbedaan yaa . .